BOOKING TIKET PESAWAT

Agregat

Agregat. Info sangat penting tentang Agregat. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Agregat

Sejak tanggal 9 Oktober 2008 kemarin blog ini sudah tergabung dalam agregat Borneo Blogger Community. Sebuah komunitas blogsphere untuk blogger di Kalimantan dan sekitarnya, termasuk saya yang tinggal di Pulau Bunyu ini. Saya mengetahuinya setelah mendapat konfirmasi berupa e-mail dari Saudara Freddy yang kabarnya baru saja memperoleh putri pertamanya itu. Sebelumnya pada tanggal 2 Oktober 2008 saya sudah mengajukan permohonan agar blog ini dan blog Bunyu Online bisa bergabung pada agregat itu. Tapi sayang sekali hanya blog ini yang diterima, sedangkan Bunyu Online tidak. Alasannya Bunyu Online tidak bersifat personal, tapi blog yang content-nya dibuat secara keroyokan meskipun pengelolaannya saya lakukan sendiri.

Keberadaan sebuah agregat blog memang sangat bagus bagi perkembangan dunia blogging. Ini memudahkan kita untuk memperkenalkan kegiatan blogging kepada masyarakat luas pengguna internet. Dan tentu saja sangat bermanfaat juga bagi para blogger itu sendiri. Secara otomatis posting terbaru mereka akan segera nampang di halaman situs agregat itu dan bisa menjadi ajang promosi yang efektif keberadaan sebuah blog. Oleh karena itu menjadi kewajaran jika kemudian banyak komunitas blogger pada akhirnya memiliki situs agregatnya masing-masing.

Mengapa jadi punya kecenderungan untuk bergabung dalam sebuah komunitas blogging? Apa memang perlu dunia blogsphere harus dikotak-kotakkan? Bukan itu maksudnya. Untuk menampung keinginan dan tujuan yang sama, beberapa individu memang perlu menyatukannya dalam satu kelompok. Kelompok itu bisa terbangun berdasarkan dasar pemikiran yang sama, penguasaan atau ketertarikan pada bidang yang sama, atau domisili pada region yang sama. Ini memudahkan dalam bertukar fikiran atau saling memberikan bantuan. Misalnya kalau kita mengalami kesulitan, pasti minta tolong pada keluarga atau teman dekat lebih dulu. Masa’ langsung ke tetangga jauh. Iya, kan. Meskipun dalam kenyataannya dunia internet sudah melintasi batas-batas seperti itu. Tapi untuk bisa tumbuh dan berkembang, kita harus punya akar yang kuat pada tanah tempat kita berpijak.

Setelah komunitas regional terbentuk, ini bisa digabungkan lagi kedalam komunitas yang skalanya lebih luas lagi. Pada prinsipnya, lebih baik tumbuh bersama sehingga bisa saling bantu daripada bergerak sendiri-sendiri secara sporadis. Jika organisasi regional sudah bisa dikelola secara baik, mungkin suatu saat bisa terbentuk organisasi blogger tingkat nasional yang pada gilirannya bisa bergabung lagi dalam organisasi blogger tingkat internasional. Atau jangan-jangan yang seperti ini memang sudah ada. Masalahnya saya ini baru beberapa bulan jadi blogger, jadi belum tahu persis perkembangan blogsphere di tanah air, apalagi sampai perkembangan blogsphere di tingkat dunia.

Pokoknya begini saja, mudah-mudahan dengan adanya komunitas blogsphere, setiap blogger jadi lebih mengetahui apa yang harus dilakukan. Lebih mengetahui kewajiban dan haknya. Kalau perlu mungkin bisa dibuatkan undang-undang yang mengatur perngeblogan. Dan dianjurkan agar blogger menggunakan indentitas jelas saat blogging. Masalahnya begini, sering terjadi ribut-ribut karena kasus copas content dalam blogging. Kalau kita punya content berkualitas yang asli buatan kita sendiri dan kita mempublikasikannya dengan indentitas asli yang jelas, paling tidak orang lain akan berfikir lebih dulu kalau ingin melakukan aksi copy paste pada content buatan kita itu. Coba bayangkan, bagaimana kita mau menuntut si pelaku copy paste kalau indentitas kita saja sudah tidak jelas bahkan anonim. Nah…, mengenai penggunaan indentitas asli dan jelas ini, seorang blogger senior yang sangat saya hormati, Fatih syuhud, pernah membicarakaannya secara panjang lebar dalam sebuah artikelnya.

Pulau Bunyu Kalimantan Timur
download mp3 gratis, free download mp3
Everything about Cartoon World
Want to know the snake? Coming in here
mp3 lagu, mp3 musik, mp3 gratis, gratis mp3 lagu, download mp3
Dermaga2
dermaga3
dermaga4
NETWORK01
NETWORK02
NETWORK03
NETWORK04
NETWORK05
NETWORK06
NETWORK07
NETWORK08
NETWORK09
NETWORK10
NETWORK11
NETWORK12
NETWORK13
NETWORK14
NETWORK15
NETWORK16
NETWORK17
NETWORK18
NETWORK19
NETWORK20
NETWORK21
NETWORK22
NETWORK23
NETWORK24
NETWORK25
AREA01
AREA02
AREA03
AREA04
AREA05
AREA06
AREA07
AREA08
AREA09
AREA10
AREA11
AREA12
AREA13
AREA14
AREA15
AREA16
AREA17
AREA18
AREA19
AREA20
Voucher Elektronik


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger