Mencari penghasilan melalui internet sebenarnya masih merupakan hal baru bagi banyak orang. Meskipun profesi ini sudah bertahun-tahun lalu dikenal oleh kalangan pengguna internet Indonesia. Banyak yang sudah mengaku menjadi seorang pebisnis online. Tapi sebenarnya hanya sedikit yang benar-benar menjadi seorang "pebisnis online" yang sebenarnya. Selebihnya adalah orang-orang yang hanya mencoba peruntungan di dunia internet. Berharap pasif income jutaan rupiah per bulan dari program bisnis online yang diikutinya.
Sebagai bidang bisnis yang penuh dengan janji dan impian, bisnis online masih menjadi wilayah yang sulit dipahami oleh sebagian besar pengguna internet. Bidang ini merupakan perpaduan yang unik yang menggabungkan pemaham tentang bisnis dan jaringan internet. Suatu bidang yang tidak bisa dikuasai hanya dalam sekejap waktu. Perlu waktu berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun untuk mempelajarinya.
Paragraf pembuka tadi bukan untuk menakuti para calon pebisnis online. Tapi untuk menunjukkan realita bahwa bidang ini tidak mudah. Dan sudah pasti sangat membutuhkan ketekunan dan keuletan. Jangan berharap keajaiban yang menghasilkan keberuntungan sebesar gunung. Rutinitas atau kontinyunitas sangat diperlukan disini. Karena sebenarnya bidang bisnis online adalah sama dengan membangun jaringan. Jaringan para pengguna internet yang lain yang bakal atau sudah menjadi pasar kita.
Meskipun ada jutaan bahkan ratusan juta pengakses internet setiap harinya, sebenarnya hanya sedikit bagian dari jumlah mereka yang bisa dijadikan sebagai pasar. Ingin meraup wilayah pasar yang lebih besar? Bangun kredibilitas. Tunjukkan bahwa diri kita adalah orang yang bisa dipercaya di jaringan internet. Tunjukkan indentitas dengan jelas, buat orang menjadi percaya, dan bangun nama besar.
Sebagus apapun produk yang kita tawarkan, orang masih ingin melihat siapa si penjual produk. Mereka butuh jaminan rasa aman. Apalagi sudah sering terdengar informasi tentang praktek-praktek penipuan melalui internet. Ini membuat para pengguna internet makin kritis dan cenderung makin cerewet jika menerima penawaran-penawaran yang ditujukan pada mereka. Mereka akan bertanya banyak hal dan mengajukan banyak alasan. Dari yang mengatakan bahwa tidak membutuhkan produk yang ditawarkan hingga menunjukkan reaksi curiga. Untuk menangani medan psikologis pasar yang seperti ini tentu saja sangat menguras energi mental dan fikiran kita. Jarang ada calon pebisnis online yang bisa bertahan menghadapai kondisi seperti ini.
Penulis sering menghadapi orang-orang seperti itu. Kita tidak bisa membalas kecurigaan mereka dengan jawaban yang bernada emosional. Sebisa mungkin memberikan keterangan atau informasi yang dianggap cukup memadai. Sebab jika kita berhasil meyakinkan mereka, biasanya orang-orang seperti itu akan menjadi ujung tombak pemasaran produk kita yang sangat tangguh.
Penulis sendiri masih baru dalam tahap awal menekuni bidang bisnis online. Bukan pebisnis online yang sukses karena masih akrab dan sering menghadapi kendala-kendala seperti itu. Kadang berhasil menghadapinya, dan lebih sering gagal menangani problem ini. Tapi kita selalu punya keyakinan yang harus selalu diperjuangkan. Apa keyakinan itu? Apalagi kalau bukan janji dan impian tentang bisnis online yang bisa memberikan keuntungan yang melimpah.
Keris dan asal-usul senjata tradisional ini di Indonesia
-
Video: Keris dan asal-usul senjata tradisional ini di Indonesia | TV
Kampung. Senjata tradisional adalah produk budaya yang lekat hubungannya
dengan s...
7 years ago